Review KKN di Desa Penari

halo semuanya, selamat malam. hari ini gua mau ngereview film KKN di desa penari, ni film udah di tunggu banget sama netizen karena udah 2 taun ketunda akibat pandemi. berawal dari utas twitter yang sangat sangat sangat viral pada masanya, hampir semua orang keknya baca ni utas atau tau deh soal ini (sorry aga lebay wkwkw) disini gua bakal ngasih sedikit spoiler aja, gaakan terlalu banyak. letsgoooooo

perlu diceritain gak ya sinopsisnya gimana? soalnya kek percuma, karena hampir semuanya dah pada tau, tapiiii gapapa deh tetep gua ceritain. premis ini film sebenernya simpel, nyeritain sekelompok mahasiswa yang ngelakuin KKN di sebuah desa dan mendapatkan banyak sekali pengalaman mistis, terdengar klise ga? ya karena memang se klise itu. yang membuat ini viral dulu menurut gua sih karena faktor yang relate dengan masyarakat, mahasiswa pasti minimal tau dan ngalamin yang namanya KKN dan juga ga jarang pula mereka punya pengalaman mistis yang serupa, jadideh viral banget. sekian intermezo dari gua.

menurut gua sendiri ini film terhitung lumayan dibandingkan film film horror indonesia yang aga kureng dan terkesan ga niat, Nilai plusnya set tempatnya niat banget, beneran kaya desa ga kejangkau gitu, bukan sekadar jalan setapak dikasih pohon, sukses lah soal ini. Rumah dan suasana mendukung pokok nya. musik scoringnya bagus, ga terlalu bikin telinga sakit. berhasil nakutin juga dan bikin deg-degan. di beberapa momen berhasil bikin gua merinding. musik scoringnya bagus berhasil nakutin, sinematografinya lumayan oke sih menurut gua, tapiiii dibalik itu semua mereka ngelupain penceritaaan yang seharusnya ada dalam setiap film, gua rasa naskah disini ga terlalu kuat, kaya cuman nyalin dari utas twitter terus diadegankan, padahal mediumnya beda. ceritanya kaya kepotong kepotong, kaya lagi nonton teater atau sketsa antar scene  nya kadang kaya kurang penghubung lah istilahnya mah. satu lagi menurut gua yang aga ganggu adalah jujur jumpscare nya berlebihan sampe ada di tahap mual, karena hampir setiap adegan di jumpscare in, sekali dua kali menurut gua oke, tapi kalo terus terusan jumpscare bikin mual, kaya ga dikasih istirahat sama sekali, padahal kita bosen,  padahal lebih oke kalo ngebangun suasana tegang terus menerus, baru sekali 2 kali gong jumpscare. kalau diperhatiin penceritaannya hampir selalu begini > adegan 1 music, ada yang ngikutin, jumpscare, beralih ke adegan 2, music diikutin, jumpscare, terus sampe selesai. ditambah pula oleh tokoh tokoh pendukung yang sekadar hadir dan engga ngasih dampak ke cerita. kehadiran 2 temen ini buat apa, mending dimatiin sekalian, ga berpengaruh besar ke jalan cerita, nyampah doang cuma jadi pelempar jokes aja. mereka lupa kalo tokoh harus punya ikatan sama penonton, biar kita ikut terbawa suasana, kita harus tau sifat tiap tokoh dan kenapa dia begitu, jadi ikatan tercipta, sejam pertama mereka sibuk nakut nakutin, penjelasan cerita baru di ending dan itupun kaya aga dipaksa, padahal ini punya potensi lebih. kita ga terlalu tau alesan atau motif jelasnya kenapa si bima sesuka itu sama widya , si ayu se deket apa ama si bima, terus kurangnya penceritaan dibagian mana KKN nya, kaya sekadar disebut di awal lalu dilupakan(kan sedih ya), kurang motifnya, jadi gabisa simpati sama mereka. hal hal kaya gitu yang menurut gua luput buat diceritain sama ini film, sehingga jadinya bener bener fokus ke nakut nakutin kita doang, sebagai film horror yang punya tugas bikin kita takut dan ngeri mungkin sukses, tapi sebagai satu film utuh, menurut gua KKN di desa penari engga sebagus itu. turunkan hype kalian. 

terima kasih sudah membaca sampai selesai, sampai jumpa di ripyu gua selanjutnya. btw gua punya podcast loh di spotify namanya afterwatch ( bit.ly/YUNI2021 ) jangan lupa buat didengerin ya. 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Sal Si Ya

14 yang ke 22

Review Film Ngeri-Ngeri Sedap